1. Waktu 15 menit
Penjelasan singkat tentang
organisasi :
Ø
Organisasi
:
·
Kesatuan/susunan
·
yang
terdiri atas bagian-bagian/ orang-orang
·
dalam
perkumpulan
·
untuk
mencapai tujuan bersama (1)
atau
·
Kelompok
kerja sama
·
antara
orang orang
·
yang
diadakan untuk mencapai tujuan bersama (2)
Ø
Mengorganisasi
:
Mengatur & menyusun bagian-bagian /orang-orang
sehingga seluruhnya menjadi suatu kesatuan yang teratus
Ø
Contoh-contoh
kegiatan mengorganisasi :
1. Keorganisasian kelas
2. Piket kelas
3. Keorganisasian sekolah
4. Keluarga (pembagian tugas)
5.
Dalam kegiatan berolahraga (Sepak bola)
6. Keorganisasian masyarakat,
seperti adanya RT, RW, kecamatan, dst
Ø
Minta
peserta menyebutkan contoh-contoh kegiatan keorganisasian yang mereka alami
sehari-hari
2. Waktu : 45 menit [Contoh aplikasi]
·
Ajak peserta untuk berbincang-bincang sejenak tentang kegiatan
(mis. Camping bersama lain,perlombaan,
dll), lalu bayangkan cara melaksanakan kegiatan tersebut. (mulai dari persiapan,
pelaksanaan hingga pra-pelaksanaan)
·
Minta
setiap peserta menulis langkah-langkah kegiatan melaksanakan camping tersebut
·
Setelah
selesai, bagi mereka dalam beberapa kelompok kecil. Minta tiap kelompok
mencocokkan hasil isian tiap anggotanya dan menyusun suatu daftar kegiatan
melaksanakan camping yang lengkap dari kelompok tersebut
·
Bagikan
potongan-potongan kertas HVS ukuran kartu pos kepada setiap kelompok, 30-40
lembar per-kelompok. Minta setiap kelompok menyalin semua kegiatan melaksanakan
camping yang telah mereka daftarkan, masing-masing satu kegiatan untuk setiap
lembar potongan kertas (karena itu tegaskan bahwa rumusannya harus singkat
saja, sekitar 4-5 kata, dan tulis dengan huruf besar) [Peserta telah diberi
tugas untuk membawa kertas HVS tersebut, pada awal acara, kertas HVS itu
dikumpulkan dulu saja]
·
Minta
setiap kelompok menyusun potongan-potongan kertas tersebut menjadi urutan
langkah-langkah kegiatan melaksanakan camping (mis.)
·
Presentasi
tiap kelompok, ajak seluruh peserta membandingkan hasil kelompok mereka dengan
kelompok lainnya, dan diskusi serta analisa bersama : susunan kelompok mana
yang paling efisien dan efektif? Mengapa? Arahkan pada kesimpulan :
q Adanya jaringan kerja untuk
melaksanakan suatu kegiatan, dimana kerja-kerja itu perlu dilakukan oleh
beberapa orang yang berbeda. Dari sini, mulai diperkenalkan sistim pembagian
tugas dalam organisasi.
q
Pengaturan urutan langkah kegiatan tertentu secara
simultan (tidak linier) atas dasar ketersediaan dan alokasi sumberdaya (jumlah
tenaga pelaksana, lama waktu, fasilitas, dana) yang ada
q Fungsi-fungsi pokok management
berorganisasi :
-
Perencanaan (Planning)
-
Pengorganisasian (Organizing)
-
Menggerakkan (Actuating)
-
Pengawasan (Controling)
Untuk
: mencapai tujuan
3.
Waktu : 45 menit [Pemberian materi berdasarkan aplikasi
diatas]
WAWASAN
ORGANISASI
Pengorganisasian
:
Mengusahakan
hubungan secara efektif antar orang-prang yang melahirkan kerjasama
yang efisien sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan
Fungsi-fungsi pokok management berorganisasi :
-
Perencanaan (Planning)
-
Pengorganisasian (Organizing)
-
Melaksanakan (Actuating)
-
Pengawasan (Controling)
Untuk : mencapai tujuan
Ini berarti
bahwa Anda mesti merencanakan, mengorganisir, melaksanakan dan
mengendalikan(mengawasi) proses suatu kegiatan. Ini juga berarti bahwa Anda
mesti bekerja sejak awal (sebelum kegiatan berlangsung), ketika kegiatan
berlangsung, sampai sesudah (setelah kegiatannya sendiri sudah selesai
berlangsung)
Mengapa
suatu program perlu di “manage”, atau dikelola ?
Jawabannya
tegas dan sederhana: program, melibatkan sejumlah sumber daya (sejumlah orang,
biaya, barang/peralatan, waktu) dalam proses pelaksanaannya, dan semua itu
diadakan dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan kata lain, semua
sumber daya tersebut harus dikelola secara efektif dan efisien, jika
dikehendaki tercapainya tujuan program secara optimal.
Karena dalam
berorganisasi kita harus dapat mengatur orang-orang, atau dengan kata lain kita
harus bisa memotivasi orang-orang, ada beberapa kiat dalam memotivasi orang
lain:
Langkah 0 : Hilangkan penghambat motivasi :
-
Hilangkan
opini negatif
-
Hilangkan perasaan ‘tidak ada masa depan di sini’
-
Hilangkan
merasa diri tidak penting
-
Hilankan
ketidaktahuan akan apa yang terjadi
Langkah 1 : Temukanlah apa yang sebenarnya mereka
inginkan
Langkah 2 :
Tunjukkanlah pada mereka bagaimana cara mencapainya
Mengenai beberapa gagasan untuk membangkitkan
semangat pribadi :
1. Jadilah pendengar yang baik
|
2.
Jadilah orang yang pantas dipercaya
|
3. Akuilah bahwa mereka
melakukannya dengan benar
|
4.
Tunjukkan bahwa Anda mempercayai mereka
|
5. Pesan yang positif
|
6. Ciptakanlah tantangan
|
Dalam kerja berorganisasi, kita biasa mengenal
adanya struktur organisasi.
FUNGSI ORGANISASI
Pengorganisasian :
Mengusahakan hubungan secara efektif antar
orang-prang yang melahirkan kerjasama yang efisien sehingga dapat menyelesaikan
pekerjaan
Dengan kata lain, suatu tugas
yang dikerjakan secara terorganisir seharusnya terselesaikan dengan
lebih baik dan lebih cepat daripada tugas yang sama yang dikerjakan dengan
tidak terorganisir.
Maka jika kita “berorganisasi”
tetapi hasil kerja kita tidak lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pekerjaan
orang lain; maka dapat dikatakan kita belum bisa berorganisasi.
Fungsi-fungsi pokok management berorganisasi :
-
Perencanaan (Planning)
-
Pengorganisasian (Organizing)
-
Melaksanakan (Actuating)
-
Pengawasan (Controling)
Untuk : mencapai tujuan
STRUKTUR ORGANISASI
Dalam kerja berorganisasi, kita biasa mengenal
adanya struktur organisasi. Struktur organisasi ini menggambarkan hirarki
tanggungjawab dan pembagian tugas dalam organisasi tersebut.
Kemahiran dan potensi setiap
orang berbeda. Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.
Dengan adanya positioning yang tepat, keunggulan seseorang dapat menutupi
kekurangan orang lain dan demikian sebaliknya sehingga dapat terwujud suatu tim
yang solid. Tim yang solid bukan yang beranggotakan orang-orang yang serba
bisa, tetapi beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian-keahlian tertentu
tiap orangnya dan memiliki positioning yang tepat.
Struktur umum organisasi :
Contoh Struktur umum organisasi :
I. Struktur organisasi ini menggambarkan hirarki tanggungjawab dan pembagian tugas dalam organisasi tersebut. Fungsi, Struktur dan Pembagian Wewenang
Untuk dapat menjadi seorang organisatoris yang
handal, kita perlu memiliki beberapa sifat berikut ini :
Sifat-sifat seorang organisatoris :
a. Sifat bawaan :
o
Memiliki
intelegensi
o
Memiliki
sifat mental yang baik
o
Memiliki
ketahanan fisik yang baik
o
Memiliki
sensitifitas/peka
o
Ransangan
untuk mengembangkan diri
b. Sifat yang diperoleh :
o
Motivasi
tinggi
o
Kemampuan
komunikasi
o
Dapat
mengorganisasi
o
Bisa
mengajar
o
Bisa
meyakinkan
c.
Sifat
bawaan yang bisa dilatih :
o
Berani
memutuskan
o
Memiliki
keluwesan
o
Bekerja
dengan orang lain
o
Bisa & berani mengambil keputusan dengan cepat dan
semoga tepat
Karena dalam
berorganisasi kita akan memanage orang-orang untuk mencapai suatu tujuan, maka
kita harus mengetahui syarat-syarat suatu tujuan yang baik.
Suatu sasaran dalam organisasi harus memenuhi
syarat-syarat berikut :
1. Spesific
:
Harus spesifik, agar Anda
mengetahui apa yang Anda kerjakan
2.
Measureable (dapat diukur) :
Harus
dapat diukur, agar Anda mengetahui bilamana telah mencapainya
3. Attaniable (dapat dicapai dengan kemampuan
yang ada)
4. Reliable (logis) :
Harus
realistif, kalau terlalu sukar akan menyebabkan timbulnya kekecewaan dan
keputusasaan pada diri Anda
5. Time limit (ada skala waktu) :
Harus mempunyai batas waktu jika tidak , dapat
menimbulkan kecenderungan untuk tidak menyelesaikannya
6.
Challenge (menantang)
Harus menantang, kalau terlalu mudah Anda akan
kurang bergairag untuk mencapainya dan hasilnya tidak menarik
Output Oriented (Harus menghasilkan sesuatu)
[Berorganisasi merupakan art sekaligus science].
Dimana berorganisasi sebagai art berarti agar kita dapat
berorganisasi dengan baik, kita membutuhkan pengalaman-pengalaman dalam
berorganisasi. Sedangkan berorganisasi sebagai science berarti agar kita
dapat berorganisasi dengan baik dapat dengan mempelajari teori-teori tentang
organisasi.
Sebagai
penutup, tarik kesimpulan dari materi diatas, yaitu dengan menekankan kembali
garis-garis besar dari materi wawasan berorganisasi ini :
·
Arti dari pengorganisasian
·
Fungsi-fungsi pokok management berorganisasi
(Arti dari fungsi-fungsi itu dan mengapa suatu program harus di “manage”)
·
Karena
dalam berorganisasi kita dituntut untuk dapat mengatur orang-orang, maka kita
harus mengetahui cara memotivasi orang lain
·
Karena dalam berorganisasi ada pendelegasian
tugas, maka untuk mengatur pendelegasian tugas tersebut kita harus memahami
konsep struktur organisasi
·
Agar kita dapat menjadi seorang organisatoris
yang handal, kita perlu memiliki beberapa sifat seorang organisatoris
·
Karena dalam berorganisasi kita akan memanage
orang-orang untuk mencapai suatu tujuan, maka kita harus mengetahui
syarat-syarat suatu tujuan yang baik
TEKNIK MENGORGANISASI
Pokok-pokok Organisasi
Setiap orang di dalam suatu organisasi harus mengetahui kapan
tugasnya mulai dan dimana berhenti, kepada siapa ia harus melapor dan siapa
yang menjadi kepalanya. Namun banyak organisasi yang tidak merumuskan
tanggungjawab dan kewajiban dengan jelas. Segalanya dibiarkan, akibatnya ialah
ada pengulangan pekerjaan.
Dalam manajemen, mutlak bahwa seseorang seharusnya mempunyai
satu pimpinan saja. Apabila seseorang mempunyai lebih dari satu pimpinan,
dapat terjadi para pemimpin itu memberi intruksi-intruksi yang berlawanan dan
hal itu selalu menimbulkan kebingungan. Namun boleh saja ia
menerima nasehat dari beberapa orang atau organisasi fungsional.
Apabila anda menunjuk
seseorang mengepalai sebuah tugas, janganlah mengambil keputusan apa pun
mengenai tugas itu tanpa berkonsultasi dengannya dahulu. Apabila tidak, anda
akan membuatnya gagal dan beban kerja yang sebenarnya adalah tanggungjawabnya
akan jatuh seluruhnya diatas bahu anda.
Rentang Kendali
Apabila seorang
pimpinan memberi perintah harian – menyuruh orang mengerjakan sesuatu dan
menjaga supaya hal itu dikerjakan – ia tidak mungkin mengawasi lebih dari pada
sekelompok kecil orang. Dalam istilah teknis, hal ini disebut rentang kendali.
Dalam hal ini seorang pimpinan tidak dapat membawahi, katakanlah, sepuluh orang
yang langsung bertanggungjawab kepadanya.
Rentang Tanggungjawab
Dalam system
manajemen berdasarkan sasaran, seorang manajer dalam tugas hariannya tidak
dikendalikan oleh pimpinan puncak; melainkan oleh tugas-tugas atau
pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan oleh bagiannya. Dalam hal-hal demikian, seorang pemimpin
dapat membawahi bahkan sampai seratus orang.
Dalam suatu organisasi yang mempunyai banyak sekali manajer yang
bertanggungjawab kepada seorang pimpinan, dan setiap manajer mengetahui
tugas-tugasnya, biarkanlah manajer itu sendiri yang mengurus penyelesaian
tugasnya. Hal ini memberi kesempatan lebih banyak kepada masing-masing manajer
untuk menyumbangkan kemampuan dan inisiatifnya.
Pengembangan eksekutif
Sistem pengembangan manajemen yang terbaik dan termurah adalah
sebuah system desentralisasi federal, yaitu pada usia “dini” para manajer
diberi tanggungjawab dan mereka dapat meneruskan tugas mereka tanpa campur
tangan pimpinan, oleh karena segala tugas dan sasaran mereka telah
direncanakan. Tak ada hal yang lebih mendidik seorang manajer dari pada menanamkan
tanggungjawab yang sungguh-sungguh dan memberi suatu tugas yang sungguh-sungguh.
Pemakaian Nama
Jabatan
Anda dapat bersikap
royal dengan nama-nama jabatan. Ingatlah rasa enak yang diberikan oleh sebuah
nama jabatan yang bagus bunyinya – biayanyapun tidak ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar